Tujuan dan Manfaat Pemasangan Gigi Palsu Permanen

Pembuatan restorasi gigi atau menggantikan gigi yang hilang menggunakan beberapa jenis gigi palsu dinamakan dengan Prosthodonti. Ada beberapa orang yang mengalami gigi ompong yang mereka atasi dengan cara melakukan pemasangan implan gigi permanen. 

Alasan Pemasangan Gigi Palsu

Ada banyak penyebab beberapa orang melakukan pemasangan gigi palsu. Bisa jadi diakibatkan karena gigi yang berlubang, kecelakaan, terbentur dan masih banyak lagi yang lainnya. Pemasangan implan gigi harus dilakukan oleh dokter spesialis atau dokter yang sudah berpengalaman. 

Ada banyak penawaran menarik yang diberikan oleh beberapa dokter gigi abal-abal yang memberikan harga murah dengan proses yang cepat namun bisa jadi menyebabkan gigi menjadi lebih parah. Adapun treatment tambahan yang akan dilakukan setelah memasang gigi palsu. 

Apa Tujuan dan Manfaat Memasang Gigi Palsu?

Apa tujuan pemasangan implan gigi permanen? Tentunya membantu untuk menggantikan fungsi gigi yang hilang. Selain itu, membantu untuk mencegah terjadinya pergeseran gigi dan bisa membantu seseorang lebih mudah dalam berbicara. 

Sedangkan untuk manfaatnya pasti akan membuat lebih nyaman. Gigi palsu ini akan dipasang di dalam gusi sehingga nantinya tidak akan mudah terlepas. Anda juga tidak perlu khawatir Ketika giginya akan longgar atau terlepas karena akan dipasang dengan permanen. 

Manfaat berikutnya adalah jauh lebih tahan lama. Jika dilakukan perawatan maksimal, maka gigi palsu yang dipasang bisa bertahan lama bahkan seumur hidup. Tentunya gigi palsunya sendiri tidak akan dengan mudah mengganggu gigi-gigi yang lainnya. 

Manfaat lainnya membuat seseorang lebih percaya diri. Memasang gigi palsu ini bisa membantu gigi yang sudah hilang. Gigi palsu ini sendiri dipasang dengan tujuan untuk menghindari terjadinya pergeseran gigi asli untuk membantu mendukung bentuk wajah. 

Apa Sajakah Jenis-Jenis Gigi Palsu?

Sebelum memutuskan memasang gigi palsu, pasti Anda harus mengetahui berbagai jenis gigi palsu yang ada. Pertama adalah gigi palsu jaket. Jenis gigi palsu ini akan dipasang dengan menyelimuti gigi asli yang sebelumnya sudah rusak terutama yang memiliki akar gigi yang sudah rusak. 

Jenis berikutnya adalah gigi palsu lepasan. Jenis gigi palsu lepasan adalah gigi palsu yang terbuat dari akrilik. Jenis gigi ini sendiri lebih mudah dilepas pasang oleh penggunannya. Ada kelebihan jenis gigi palsu ini karena mudah dilepas dan lebih mudah untuk dilakukan pembersihan. 

Jenis lainnya adalah implant. Implan ini sendiri adalah model pemasangan gigi palsu terbaru. Cara pemasangannya sendiri dengan menanamkan gigi palsu tersebut ke dalam gusi. Pemasangannya jauh lebih rumit bahkan pasiennya harus melakukan banyak perawatan sebelum dan sesudah melakukan pemasangan. 

Anda bisa menyesuaikan untuk pemasangan implan gigi permanen sesuai dengan jenis gigi dan permasalahannya. Selain itu, pastikan juga untuk memilih dokter gigi yang tepat agar tidak timbul permasalahan gigi yang lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top