Jenis-Jenis Serta Prosedur Pemasangan Gigi Palsu

Apakah Anda ingin pasang gigi palsu? Gigi palsu atau denture adalah gigi tiruan yang dibuat untuk menggantikan gigi serta jaringan gusi yang hilang. Gigi palsu memang lebih banyak digunakan oleh lansia untuk berbagai macam tujuan, seperti meningkatkan kemampuan bicara.

Jenis-Jenis Gigi Palsu

Gigi palsu umumnya terbagi dalam 2 jenis, yaitu gigi palsu permanen dan gigi palsu yang bisa dipasang dan dilepas sewaktu-waktu. Kemudian, kedua jenis ini terbagi lagi dalam beberapa jenis lainnya. Berikut adalah jenis gigi palsu permanen:

  • Dental Implant

Dental implant dipasang dengan menggunakan sekrup implan yang ditanam dalam rahang melalui prosedur operasi pembedahan. Jenis gigi palsu permanen ini biasanya digunakan untuk mengganti satu atau dua gigi yang tanggal, namun juga bisa digunakan untuk menggantikan seluruh gigi.

  • Dental Bridge

Dental bridge dipasang untuk menggantikan gigi geraham bagian bawah yang hilang atau tanggal. Pemasangannya dilakukan dengan cara merekatkan gigi palsu dengan gigi-gigi di sebelahnya.

Selanjutnya, gigi palsu yang bisa dilepas dan dipasang sewaktu-waktu, berikut jenis-jenisnya:

  • Gigi Palsu Akrilik

Gigi palsu berbahan dasar akrilik termasuk gigi tiruan sebagian yang dipasang untuk menggantikan gigi geraham atas. Dan biasanya hanya untuk menggantikan satu atau dua gigi yang hilang. Prosedur pemasangannya menggunakan kawat guna menyambungkan gigi yang masih tersisa pada rahang.

  • Gigi Palsu Berbahan Lentur

Bahan lentur yang digunakan untuk gigi palsu ini umumnya terbuat dari valplast. Berbeda dengan jenis sebelumnya, jenis gigi palsu ini tidak menggunakan kawat dalam pemasangannya, serta dipasang untuk menggantikan gigi geraham bawah. Bentuknya lebih tipis dan Anda bisa menyesuaikan warnanya dengan warna gusi Anda.

Prosedur Pemasangan Gigi Palsu

Awalnya, dokter gigi akan memeriksa rongga mulut secara menyeluruh untuk kondisi dalam serta warna gusi. Setelah itu, dokter akan mengambil foto rontgen untuk melihat dengan lebih detil posisi gigi dan tulang pasien. Kemudian, barulah gigi palsu bisa dicetak dengan bahan yang Anda pilih. Gigi palsu ini dicetak sesuai dengan cetakan gigi yang sudah dibuat sebelumnya oleh dokter gigi, kemudian baru dipasang pada rongga mulut.

Itu tadi adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang pasang gigi palsu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top